Angeline dan Perlindungan Anak

Perasaan kemanusiaan kita serta-merta terguncang ketika mengikuti kasus pembunuhan Angeline, bocah berusia 8 tahun di Denpasar, Bali. Anak malang itu dibunuh dengan keji setelah sebelumnya sempat mengalami pelecehan seksual dan pemerkosaan.

Dalam hati kita bertanya-tanya, mengapa pelaku, si Ags yang tega melakukan hal sebejat itu? Karena itu, menjadi tuga aparat kepolisian untuk mengungkap sejelas-jelasnya mengenai motif pembunuhan dan pihak mana saja yang terlibat, termasuk dugaan keterlibatan Margriet, ibu angkat Angeline.

Peristiwa pembunuhan ini sejatinya merupakan lampu merah bagi upaya perlindungan anak. Negeri ini, memang belum ramah terhadap anak-anak, baik itu dalam pemenuhan hak mulai dari rekreasi, pendidikan hingga hak memperoleh kasih sayang serta kehidupan yang baik untuk tumbuh kembang anak itu sendiri.

Lihat saja, di kota-kota besar, tidak sulit kita temui anak kecil di bawah umur yang terpaksa berkeliaran di jalan karena berbagai faktor mulai dari orangtua yang lalai memberikan kenyamanan, hingga situasi perekonomian yang tidak memihak sehingga meningkatkan angka kemiskinan berujung pada tidak terpenuhinya hak anak akan pendidikan.

Sudah saatnya, pemenuhan akan hak anak menjadi perhatian semua pihak, siapapun itu. Anak, sejatinya merupakan generasi masa depan, yang nantinya akan mengambil alih tongkat estafet pembangunan bangsa.

Jika sejak kecil hak-haknya tidak tercapai, hal itu secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan keroposnya kualitas generasi muda kita. Sudah bisa ditebak, bagaimana nasib bangsa ini jika generasinya mengalami kemerosotan. Kita akan menjadi bangsa yang gagal. Camkanlah ini!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s