“Kopassus vs AU”

Beberapa hari lalu kita dikejutkan dengan berita perkelahian tidak seimbang antara empat anggota TNI AU dan 20-an anggota Kopassus, TNI AD di Sukoharjo, Jawa Tengah berujung tewasnya salah seorang anggota TNI AU.

Inilah salah satu bukti kebrutalan oknum-oknum korps baret merah yang bermarkas di Kandang Menjangan, Jawa Tengah. Dua tahun silam, dengan bersenjata lengkap, oknum lain dari korps ini melakukan perbuatan melanggar hukum dengan menyerbu LP Cebongan, sebuah lembaga resmi milik negara, dan membunuh empat tahanan titipan Polda DIY.

Soal kronologis perkelahian, saya tidak ingin mengulas panjang lebar. Akan tetapi, sebagai orang yang gemar membaca literasi tentang sejarah, peristiwa “pengangkangan” TNI AD terhadap TNI AU sejatinya pernah terjadi sejak 1965.

Kala itu, oleh Soeharto dan antek-anteknya, TNI AU dijadikan kambing hitam dari peristiwa G30S sehingga TNI AU harus mengeluarkan sebuah buku putih untuk menjelaskan secara lebih fair mengenai tudingan keterlibatan matra udara itu.

Saya pernah membaca sebuah literasi yang menjelaskan secara gamblang saat terjadi iring-iringan panser yang membawa jenazah enam perwita tinggi dan satu perwira pertama TNI AD korban G30S. Aparat TNI AU, mungkin dari kesatuan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) atau sekarang disebut Paskhas, yang berbaris di tepi jalan dan memberikan hormat kepada para jenazah justru diludahi oleh prajurit Resimen Para Komando Angkata Darat (RPKAD) yang saat ini bertransformasi menjadi Kopassus.

Ya, sejarah memang selalu berulang, dengan pola yang mirip tapi aktor dan bumbu-bumbunya selalu berubah. Sebagai manusia sejarah, hendaknya kita belajar dari pengalaman ini bahwa perseteruan antarkesatuan tidak ada untungnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s