Sahabat yang Menghilang

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh bersosialisasi sebagai wujud eksistensi diri. Dalam bersosialisasi tersebut, kemudian melahirkan istilah lainnya yakni pertemanan. Hubungan akrab antar-person.

Tidak jarang, pertemanan itu berlangsung awet, sepanjang hayat dikandung badan. Karena pertemanan, banyak hal bisa dialamai, mulai dari rasa gembira karena ada perhatian, rasa sedih karena ditinggal atau juga rasa saling memiliki, dalam arti yang luas.

Saya, termasuk pribadi yang sangat mendewakan pertemanan. Bagi saya, pertemanan adalah segalanya. Dalam berteman pun, saya merasa sangat loyal dalam artian tidak ingin menyakiti perasaan teman tersebut. Tujuannya cuma satu, agar pertemanan menjadi abadi.

Jika sudah berteman, bahkan akrab dengan seseorang, karena loyal, saya rela melakukan banyak hal demi teman tersebut. Saya rasa hal apa saja yang pernah saya lakukan, korbankan demi sebuah pertemanan tidak perlu disebutkan satu persatu. Nanti dibilang sombong sama pembaca sekalian.

Intinya, saya ingin pertemanan itu abadi. Karena ingin abadi, saya gemar mencari kontak dengan teman lama, di zaman sekolah. Rasanya senang bukan kepalang jika bisa bercengkerama dengan teman lama karena kita pasti akan membahas berbagai kenangan masa lalu. Saya adalah manusia sejarah yang gemar menoleh ke masa lalu dan menikmati suasana tersebut.

Belum lama ini, saya kembali menjalin kontak dengan salah seorang teman lama, semasa SD dulu. Kami pun terlihat akrab bercengkrama, hingga suatu ketika, tiba-tiba dia menghilang begitu saja./ sebenarnya tidak menghilang 100% sih. Facebook-nya masih sering aktif, begitupun nomor teleponnya juga masih aktif.

Hanya saja, dia tidak pernah membalas sapaan saya di fb, atau sms, bahkan telepon. Dalam hati saya bertanya-tanya. Apakah saya melakukan suatu kesalahan yakni menyinggung perasaannya sehingga dia enggan berkomunikasi dengannya? Entahlah. Tidak ada jawaban pasti karena semua hanyalah praduga semata.

Jawaban semua itu tersimpan di dalam hatinya. Semoga, suatu saat, saya mendapatkan jawaban pasti mengapa secara tiba-tiba pertemanan kami menguap begitu saja.

Leave a Reply

