Pance Pondaag

Sore ini, sembari bekerja, laptop saya tak henti-hentinya memainkan lagu-lagu karangan Pance Pondaag seperti Kucari Jalan Terbaik, atau Engkau Segalanya Bagiku.

Bagi generasi muda saat ini, lagu-lagu Pance, mungkin terasa asing di telinga. Maklum, saat ini yang sedang ngetren adalah musik dan artis asal Negeri Ginseng, Korea Selatan. Akan tetapi, dibandingkan musik zaman terkini, lagu-lagu zaman dulu semacam karangan Pance terasa tak pernah lekang oleh waktu.

Mendengar lagu era 80-an hingga awal 90-an ini, mengingatkan saya akan satu hal. Perjalanan menggunakan bus dari Kupang menuju Atambua di Nusa Tenggara Timur (NTT) sana. Ya, sewaktu orangtua bertugas di wilayah Belu, perbatasan antara Indonesia-Timor Leste, saya lumayan sering melakukan perjalanan menyusuri jalan yang menghubungkan kedua kota itu.

Gemilang, Sinar Gemilang dan Timor Karya, merupakan tiga dari sekian nama perusahaan otobus yang masih saya ingat. Bus-bus tersebut biasanya dilengkapi dengna fasilitas tape dan speaker yang bisa memutar kaset berisi lagu-lagu.

Nah, biasanya para pengemudi kerap memutar lagu-lagu lawas era 80-an termasuk lagu-lagu ciptaan Pance Pondaag. Sepanjang perjalanan, lebih dari 200 kilometer jauhnya, lagu demi lagu itu menjadi penghibur bagi kami, para penumpang.

Perjalanan jauh yang menceritakan banyak hal. Perbukitan berunput yang menguning, wajah penduduk setempat yang lugu dan kebanyakan tak beralas kaki, serta kelokan jalan nan berliku.

Karena terhibur, jauhnya perjalanan hampir tidak pernah kami rasakan. Begitu tersadar, bus sudah hampir memasuki wilayah kota tujuan.

Mendengar lagu-lagu Pance saat ini, meski momennya tak sama, tapi selalu asyik didengar. Lagu terbaik dari artis terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s