Adios Murry Koes Ploes

DSC_2052Legenda itu telah berpulang. Ya, Murry Koes Ploes kembali ke haribaan-Nya pagi tadi, Sabtu 1 Februari 2014.

Bagi penggemar Koes Ploes, nama Murry memang tidak asing lagi penggebuk drum tersebut sukses berkibar setelah bergabung dengan band yang dulunya bernama Koes Bersaudara itu. Diabetes yang menggerogotinya selama bertahun-tahun, kemungkinan menjadi penyebab utama kepergiannya.

Padahal, baru pekan lalu, saya bertemu dengannya bahkan sempat mengambil foto bersama beliau dalam sebuah acara penghargaan di Hotel Novotel, Bandar Lampung. Nasib memang tak dapat ditebak.

Kala itu, pihak panitia memang sengaja mengundang Koes Ploes versi baru untuk mengisi acara tersebut. Di depan Ballroom, saya melihat ada sosok ceking, berambut gondrong yang disemir merah, serta jambang putih, berbalut kemeja putih rapi. “Ah itu Murry,” pekik saya.

Kesempatan itu tidak saya sia-siakan. Saat acara berakhir, tapi Koes Ploes masih terus mengiring para anggota panitia untuk bernyanyi dan berjoged, saya langsung naik ke podium, dan mengajak Murry untuk berfoto.

“Om, tolong foto dengan saya,” ajak saya yang disambut dengan antusias olehnya. Saat itu, dia terlihat ceria dan turut berjoged dengan santai.

Seusai acara tersebut, saya masih sempat melihat beliau berlalu di lobi hotel. Foto kenangan itu lekas saya pasang di dinding facebook sembari pamer kepada siapa saja yang mengenal Sang Legenda dan mendapatkan tanggapan yang meriah dari teman-teman di dunia maya tersebut.

Bagi saya, Murry beserta Koes Ploes sungguh fenomenal dan akrab di telinga. Pasalnya, saat masih kanak-kanak, orangtua kerap memutar kaset yang berisikan lagu-lagu mereka. Prestasi mereka kala itu, sulit disamai band-band masa kini yang karya-karyanya hanya seumur jagung, cepat dilupakan orang.

Apa mau dikata, jalan hidup Murry, akhirnya menemui kata akhir pagi tadi. Setelah sempat meminta mesin pendingin ruangan dimatikan, ia pun berlalu. Pergi untuk selamanya, meninggalkan jejak kemasyuran di masa silam di blantika musik dalam negeri.

Selamat jalan Murry. Sampai ketemu di waktu nanti.

Leave a Reply

