Sepakbola Flobamora

Tidak ada yang membantah olahraga nomor wahid yang paling banyak penggemarnya sejagad adalah sepakbola. Tua muda, anak-anak, dewasa, laki-laki, perempuan, menggemari sepakbola. Saya pun termasuk salah satu di antara penggemar sepakbola.

Sayang, zaman itu, di tempat saya tumbuh, hampir tidak ditemukan Sekolah Sepakbola (SSB). Kami pun tumbuh dengan bakat alam yang tidak terarah secara sistematis. Dengan peralatan seadanya seperti bola plastik, bola voli, dan lapangan berbatu, tanpa mengenakan sepatu, kami bersemangat mengejar dan menyepak bola.

Saya teringat sebuah istilah yakni goreng bola, yang bisa diartikan menggocek bola. Jika seorang pemain jago menggoreng bola, otomatis namanya akan terkenal seantero kampung.

Hal ini jauh berbeda dengan daerah Jawa. SSB tersebar hingga ke kampung-kampung. Karena memiliki sistem pembinaan yang lebih jelas, tentu saja sepakbola di daerah Jawa mengalami kemajuan pesat. Hampir setiap kabupaten memiliki kompetisi internal dengan sistem degradasi dan promosi. Alhasil, lahir banyak talenta muda yang bernas.

Di daerah asal saya, Nusa Tenggara Timur. Kompetisi hanya berbentuk turnamen semata tanpa siste prmosi-degradasi. Amat disayangkan memang karena jika ada sistem pembinaan yang teratur mulai dari SSB hingga kompetisi yang teratur, bisa dipastikan akan lahir bintang sepakbola nasional dari daerah ini.

Dari sisi SDM sepakbola, NTT pernah punya sejumlah nama yang terlanjur tersohor seperti Sinyo Aliandoe, pelatih terakhir yang membawa Indonesia berjaya merebut medali emas di SEA Games Manila 1991. Ada juga Adnan Mahing, putra Alor yang pernah memperkuat Persija Jakarta di pentas Liga Indonesia.

Harapan saya, semoga ke depan, daerah yang berjuluk Flobamora tersebut sanggup melakukan pembinaan sepakbola sejak usia dini, kemudian mengorganisir kompetisi yang teratur dan jelas agar bisa melahirkan bintang sepakbola di masa mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s