Saya dan Dunia Literasi (1)

Nafsu membaca apa saja yang selama ini merasuki saya tidak lahir dengan serta merta. Berbagai proses yang dilalui sejak kecil, tanpa disadari menjadikan aktivitas membaca lebih dari sekedar hobi yang bertransformasi menjadi kebutuhan.

Sama-samar masih teringat  sekitar 23 tahun silam, saat pengalaman pertama membaca dengan lancar, menyambungkan huruf demi huruf menjadi kata kemudian kalimat. Saat itu saya membaca majalah bobo terbitan beberapa bulan sebelumnya yang mulai koyak. Maklum saat itu karena pertimbangan faktor ekonomi, agar sulit mendapatkan bahan bacaan yang baru.

Saya teringat siang itu, saat seluruh isi cerita bobo dan sahabatnya donny bisa dipahami (biasanya hanya melihat gambar semata), saya melonjak kegirangan sampai-sampai harus membangunkan mama yang tengah pulas tertidur. Reaksi mama datar-datar saja, mungkin karena tidur siangnya terganggu selepas beraktivitas mengurus kami anak-anaknya, tapi saya tetap tidak peduli.

Selepas itu, saya jadi keranjingan membaca. Setiap angkot yang lewat selalu say abaca nama angkot tersebut. kebiasaan di Kota Kupang, tempat saya lahir dan dibesarkan, setiap angkot memiliki nama tersendiri yang membedakan dengan angkot lainnya.

Waktu bergulir, memasuki bangku SD, sekitar kelas 3, banyak teman, yang secara finansial keluarganya lebih beruntung, sering membawa komik Doraemon ke sekolah. Sekali dua kali saya diberi kesempatan membaca komik-komik tersebut, tapi tidak pernah tuntas, karena pemiliknya cepat-cepat mengambil kembali komik itu.

Saat SD itu juga, akhirnya mama mulai berlangganan Koran Pos Kupang, yang menjadi harian pertama di NTT. Melalui koran itu, nafsu membaca bisa terpuaskan. Segala berita saya lahap, meski sering tidak begitu memahami isinya.

Setiap hari, jika hari libur, di pagi hari saya biasanya duduk di ruang tamu menunggu sang loper mengantarkan koran berbentuk tabloid itu, dengan mengayuh sepeda. Beberapa tahun kemudian dia mengalami peningkatan karena sudah menunggangi sepeda motor Suzuki A-100.

Bersambung…

Leave a Reply

