Mahasiswa NTT di Yogyakarta Tolak Stigmatisasi Premanisme

Kasus penyerbuan dan pembantaian empat tahanan di LP Cebongan semakin kabur dari perhatian publik. Ada upaya pengalihan isu ke arah premanisme. Saya tetap berpendapat pengalihan isu  itu sengaja dihembuskan intelijen (militer?) agar tekanan publik terhadap para pelaku pembantaian yang merupakan oknum Kopassus, bisa mengendor.

Celakanya, penggiringan aksi premanisme itu mengarah kepada stigmatisasi bahwa warga asal Nusa Tenggara Timur, serta daerah lainnya di kawasan Timur Indonesia, adalah preman. Cap buruk itu tentu saja merugikan para pelajar, mahasiswa dan warga asal NTT yang berdomisili di Yogyakarta.

Berangkat dari keprihatinan itulah para mahasiswa asal NTT di Yogyakarta melakukan aksi unjuk rasa di Bunderan UGM, Sabtu 13 April 2013. Kebetulan saya sengaja menyempatkan diri hadir di lokasi tersebut untuk melakukan dokumentasi.

Dalam unjuk rasa itu, mereka melakukan aksi teatrikal bagaimana empat korban pembantaian di LP Cebongan dibunuh oknum anggota Kopassus, menggunakan senjata yang dibeli dari uang rakyat, tanpa mengindahkan hukum. Para peserta unjuk rasa menuntut agar kasus itu diusut dan dibuka kepada publik.

Mereka juga menolak bentuk stigmatisasi yang dialamatkan kepada semua warga NTT oleh pihak-pihak tertentu yang menginginkan munculnya konflik horizontal. Hal itu sengaja diarahkan untuk mempengaruhi ketentraman Yogyakarta.

“Kami tidak membela para terduga pelaku penikaman di Hugos Café. Silakan mengusut kasus tersebut sesuai hokum yang berlaku. Tapi kami tidak setuju dengan upaya oknum Kopassus yang menyerang para tahanan di LP karena hal itu di luar ketentuan hukum,” teriak salah satu peserta.

Image

One thought on “Mahasiswa NTT di Yogyakarta Tolak Stigmatisasi Premanisme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s