Aside

Mampukah Kasus Pembantaian di Lapas Sleman Terungkap?

Ternyata feeling saya tidak salah. Para pelaku pengeroyokan terhadap anggota Kopassus di Hugos Cafe, Decky Sahetapy, Juan Manbait, Deddy dan Ady, bakal dicari dan diberi pelajaran. Tapi pelajaran itu terlapau sadis dengan membantai keempatnya di Lapas Cebongan Sleman, Sabtu dini hari lalu.

Ada hal yang janggal sebelum eksekusi itu terjadi yakni mereka dipindahkan secara tiba-tiba dari ruang tahanan Polda DIY ke Lapas. Sulit untuk tidak berpikir dan menduga bahwasannya polisi sengaja mengirim mereka ke laps karena takut markasanya jadi sasaran serangan gerombolan bersenjata yang menurut hemat saya adalah aparat milier itu.

Sebagai sebuah institusi yang memiliki fungsi intelijen, tidak mungkin polisi tidak mendeteksi adanya kemungkinan serbuan kelompok bersenjata.

Bisa dikatakan ada pembiaran dari pihak kepolisiaan sebelum kejadian tersebut.

Karena itu saya sepakat dengan beberapa pendapat di media online bahwa perlu adanya suatu investigasi bersama, dan polisi harus bertanggung jawab penuh karena para tahanan tewas saat masih berstaus titipan polsi.

Tapi, yang jadi pertanyaan, apakah para penegak hukum di negeri ini sanggup dan berniat menuntaskan kasus ini? Jujur saya tidak yakin karena hemat saya, kejadian tersebut merupakan buah operasi intelijen tingkat tinggi. Ada kekuatan besar yang mendorong para pebantai sampai nekat melakukan aksi keji tersebut.

Sebagai orang Nusa Tenggara Timur (NTT), kejadian ini begitu memilukan karena mengangkangi batas-batas kemanusiaan. Memang sih, para korban itu terlibat pembunuhan, tapi tindakan hukum rimba juga tidak dapat dibenarkan.

Akhirulam, selamat jalan sadara-saudaraku sedaerah. Semoga dari kejadian ini, kami semua bisa memetik pelajaran yang berharga agar ke depan, tidak terulang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s