Susahnya Kalau Tinggal Se-atap Dengan Mertua

Ada suatu cerita tentang tekanan yang dialami seorang perempuan yang ingin saya bagikan kepada siapa saja yang berkenan mampir ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Ceritanya, ada seorang perempuan, katakanlah namanya A. Setelah menikah dengan suaminya yang bernama B, beberapa waktu kemudian, dia mulai hamil dan melahirkan seorang anak perempuan.

Awalnya rumah tangga mereka baik-baik saja, sampai suatu ketika, si A mulai merasa risih karena mereka tetap saja menumpang di rumah orangtua si B. Sebenarnya tidak masalah jika tinggal satu atap dengan mertua. Akan tetapi, seringkali si mertua, yang ngakunya aktivitas perempuan itu, justru merendahkan kemampuan si A.

“Dia menganggap saya tidak mampu mengurus ini dan itu. Dia meremehkan keintelekan saya,” ujar A yang bergelar Sarjana Hukum itu.

Makin lama, si A makin gerah. Berkali-kali dia mengusulkan agar mereka hengkang dari tempat itu, tapi B tetap tidak bergeming. Menurut informasi terakhir, B enggan pergi karena takut hak dia sebagai anak sulung akan dikebiri jika dia angkat kaki dari rumah itu.

Kegerahan si A makin lama makin memuncak. Bahkan tidak jarang dia sakit dan stress dengan situasi seperti itu. Yang lebih mengecewakan dirinya, putrinya yang saat ini beranjak remaja, entah benar atau tidak, tidak menaruh respek terhadap dirinya.

“Besok kamu jemput aku pulang sekolah, seperti biasa ya,” kata putrinya kepada A, suatu saat. Saya pun mendengar percakapan itu.

Menurut A, anaknya bisa berkelakuan seperti itu, karena sedari kecil sang anak menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana ibunya dipandang sebelah mata oleh mertua. Giliran si anak melakukan suatu kesalahan, dan hendak didik dengan cara A, sang mertua seringkali ikut campur dengan “membela” anak tersebut. Lengkaplah sudah ketidakberdayaan si A.

Entah apa yang ada di dalam lubuk hati A saat ini. Sudah lama saya tidak mengetahui kabarnya. Semoga dia baik-baik saja, dan tetap bersabar dengan deraan yang menimpa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s