Tiba-tiba saya teringat akan sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang dibintangi Rano Karno, Mandra, Maudy Koesnady, Cornelia Agatha, Almarhum Basuki dan lain sebagainya.

Saat sinetron itu dipuar di RCTI,saya masih duduk di kelas 4 SD.Setiap pekan, selalu setia menyaksikan acara itu.

Sinetron itu menurutt saya cukup bagus.Pasalnya, ceritanya sungguh bernas, tentang latar kehidupan sehari-hari dari masyarakat betawi yang lugu tapi jujur serta penuh humor.

Saya masih ingat, Babe Sabeni (Alm Benyamin S) ayahnya Si Doel, selalu menyebut gelar tukang insinyur pada anaknya. Atau juga kisah Mandra yang tidak berpendidikan tapi jujur.

Ada juga cerita tentang Karyo (Basuki) yang licik tapi merupakan pribadi yang baik. Semua dibalut dengan cukup realistis.

Jujur, saya merindukan hadirnya sinetron semacam itu. Saat ini kita disuguhi aneka sinetron dengan kualias rendah dan jalan cerita yang tidak realistis.

Ceritanya tidak jauh dari perebutan harta dan menampilkan gaya hidup hedonis, atau juga cerita tentang hal mistis.

Sudahsaatnya para sineas yang selama ini berkecimpung dalam pembuatan sinetron, agar mampu melahirkan karya yang bagus seperti Si Doel Anak Sekolahan.Mereka harus bisa menciptakan sinetron yang low budjet tapi ceritanya tidak picisan. Sanggupkah?

Advertisements