Keserakahan

Seringkali kita menyaksikan perseteruan berujung maut antarkelompok karena memperebutkan lahan parkir. demi lahan yang tidak luas, siapa saja, yang terdesak untuk memenuhi kebutuhan ekonominya nekat berbuat apa saja agar asap dapurnya tetap mengepul.

Tidak jauh berbeda, pengalaman yang saya temukan kali ini juga berkisah tetang perebutan lahan. Bedanyna, jika dalam perkelahian antarkelompok, masing-masing pihak sama-sama ngotot sehingga terjadilah pertempuran dasyarat bak perang baratayuda, kali ini salah satu pihak akhirnya tersingkir, mengalah dalam dendam kesumuat.

Ceritanya berawal di salah satu kabupaten X di DIY. Tokoh pertama, dulu bertugas sebagai salah satu buruh, di kabupaten tersebut. Seiring perjalanan waktu, dia kemudian dipindahkan ke wilayah lain dan digantikan oleh tokoh kedua.

Sayangnya, sang tokoh pertama ini tinggal di kabupaten X sehingga walau sudah dipindah ke wilayah lain, dia tetap mencari nafkah di kabupaten X. Otomatis, tokoh kedua, merasa tersingkir, karena lahan pekerjaannya sudha digarap oleh tokoh pertama.

Celakanya lagi, kelakuan tokoh pertama, sepertinya didiamkan saja oleh para pembesar di instansi tempat mereka bekerja. Merasa tidak ada dukungan sama sekali, tokoh kedua, mulai ogah-ogahan bekerja. Hasilnya, lahir surat peringatan baginya.

Dari pengalaman ini, saya melihat intinya sebenarnya adalah keserakahan, ingin menguasai wilayah kerja sama seperti kelompok preman yang ingin menguasai lahan parkir. Semua berasal dari hasrat untuk memperoleh pendapatan yang lebih besar, dengan terlebih dahulu menggarap lahan pekerjaan orang lain.

Mungkin kita bisa merefleksikan, apakah kita termasuk tipe orang yang serakah seperti itu? Semoga saja tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s